Inilah Susunan Acara Pernikahan Pangeran William-Kate



Besok, mata warga dunia akan tertuju ke satu tempat, yakni Inggris. Di hari itu, Pangeran William (28) dan Kate Middleton (29) akan disahkan sebagai pasangan suami istri di Westminster Abbey, London, Inggris. 

Lantas, bagaimana prosesi pernikahan yang disebut Royal Wedding ini? Berikut susunan acara versi protokoler ST James’s Palace.

Prosesi Pernikahan 
Pukul 08.15
Para tamu yang berjumlah 1.900 orang mulai tiba di Westminster Abbey

Pukul 09.50
Para gubernur dan Perdana Menteri serta para Duta Besar tiba di Abbey

Pukul 10.10
Pengantin pria, Pangeran William dam Pangeran Harry meninggalkan kediaman mereka di Clarence House menuju Westminster Abbey. Mereka tiba di pada pukul 10.15 waktu setempat.

Pukul 10.20
Ibu pengantin wanita, Carole Middleton dan adik Kate, James Middleton meninggalkan Hotel Goring menuju lokasi pernikahan. Mereka tiba pukul 10.27 waktu setempat.

Pukul 10.25
Anggota keluarga Kerajaan Inggris meninggalkan Buckingham Palace (kediaman anggota kerajaan) menuju Westminster Abbey. Mereka tiba pada pukul 10.30 waktu setempat.

Pukul 10.38
Prince of Wales, Pangeran Charles dan istrinya, Duchess of Cornwall, Camilla Parker meninggalkan Clarence House menuju Westminster Abbey. Mereka tiba pukul 10.42 waktu setempat.

Pukul 10.40
Ratu Inggris, Elizabeth II dan suaminya, Duke of Edinburgh, Philip meninggalkan    Buckingham Palace menuju gereja. Mereka tiba pada pukul 10.45 waktu setempat.

Pukul 10.48
Para pengiring pengantin dan pendamping wanita, Pippa Middelton meninggalkan Hotel Goring menuju gereja. Mereka tiba pukul 10.55 waktu setempat.

Pukul 10.51
Pengantin wanita, Kate Middelton dan ayahnya, Michael Middleton meninggalkan Hotel Goring menuju gereja. Mereka menumpangi Rolls-Royce Phantom VI 1977.

Pukul 11.00
Prosesi pemberkatan dimulai. Dunia akan melihat untuk pertama kalinya gaun pengantin Kate. Kate dan ayahnya tiba di gereja menggunakan Rolls-Royce Phantom VI 1977. Di gereja, Kate dan ayahnya akan disambut Dean of Westminster. Kate akan berjalan ke dalam gereja didampingi ayahnya. Adalah Uskup Agung Canterbury yang akan menikahkan pasangan ini.



Prosesi Menuju Gereja


Diperkirakan, ribuan orang akan memenuhi jalur yang dilalui mobil Kate dan ayahnya. Prosesi ke Westminster Abbey dimulai dari Hotel Goring melewati Buckingham Palace, Clarence House (kediaman Pangeran William dan Pangeran Harry), The Mall yang merupakan jalan utama dari Buckingham ke Trafalgar Square dan Horse Guard Parade. Perjalanan berlanjut ke Monumen Women of World War II, Downing Street (kediaman Perdana Menteri Inggris) Kantor Foreign and Commonwealth, Cenotaph, HM Treasury, Gedung Parlemen dan Menara Big Ben hingga akhirnya tiba di Westminster Abbey.

Resepsi

Setelah janji sebagai suami istri diucapkan dan pasangan ini menandatangani pernikahan, maka nama Kate Middleton resmi berubah menjadi Putri Catherine. Pada pukul 12.15 waktu setempat, pengantin baru ini menuju Buckingham Palace dalam iring-iringan kereta terbuka yang dinamai State Landau. Jika hujan, pasangan ini akan menggunakan kereta kuda tertutup bernama Glass Coach. Untuk menandai peristiwa ini, suara lonceng akan bergema di seluruh kota.

Pada pukul 12.30 waktu setempat, pasangan ini tiba di Buckingham Palace. Sementara anggota keluarga kerajaan tiba pada pukul 12.40 waktu setempat. Selain itu, 600 undangan tiba di Buckingham untuk menghadiri resepsi makan siang yang dipimpin Ratu Elizabeth II.

Pada pukul 13.25 waktu setempat, pasangan ini beserta Ratu Inggris akan tampil untuk pertama kalinya di balkon Buckingham menyapa rakyat Inggris. Saat tampil, Angkatan Udara Kerajaan, Royal Air Force akan memberikan penghormatan untuk Pangeran dan Putri. Pada pukul 17.00, resepsi kedua dengan konsep gala dinner dan pesta dansa yang dipimpin Pangeran Charles, dihelat. Dalam acara ini, disebar 300 undangan.