Merendam Kaki Dalam Air Panas


oleh : muliamar
Merendam kaki dalam air panas adalah prosedur yang sederhana namun efektif efeknya terhadap seluruh sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan membesarkan pembuluh-pembuluh darah pada kaki dan tungkai , maka merendam kaki dalam air panas itu dapat meredakan sumbatan-sumbatan di bagian-bagian tubuh yang lain, seperti otak, paru-paru, atau organ-organ di dalam perut. Darah akan dialirkan dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya. Demikian dikatakan oleh Dr.Clemency Mitchell dalam bukunya yang berjudul Vibrant Health in the Twenty-First Century ( Sehat Prima di Abad Keduapuluh Satu)

Bila kita kehujanan sepulang dari bekerja atau pulang dari sekolah,  tubuh kita mudah sekali kedinginan . Tindakan pencegahan terhadap kedinginan itu dapat dilakukan dengan merangsang sirkulasi  dan menghangatkan seluruh tubuh dengan  merendam kaki dalam air panas.
Prosedur hidroterapi yang sederhana ini juga dapat menolong meredakan ketegangan saraf dengan cara mengurangi sumbatan-sumbatan pada otak dan kemudian menyeimbangkan sirkulasi . Bila seseorang saraf-sarafnya terlalu letih , biasanya kaki-kakinya terasa dingin karena sirkulasi yang tidak seimbang; dengan demikian merendam kaki dalam air panas dapat menjadi sarana yang berguna untuk relaksasi.

        Untuk keperluan tersebut bahan-bahan yang kita siapkan  adalah sbb:
Ember yang bersih atau baskom ( untuk merendam kaki )
Handuk
Panci untuk merebus air
Air Dingin

Prosedur selanjutnya adalah yakni:
 1. Isi baskom dengan dengan air panas pada suhu sekitar 40° C/104° F

2. Masukkan kedua kaki ke dalam ember dan tutup dengan handuk agar tetap hangat.

3. Tambahkan air panas untuk mempertahankan suhu agar tetap pada 44-46°C/112-115° F ( lakukan dengan hati-hati)

4. Lanjutkan perendaman sampai sepuluh atau tiga puluh menit, tergantung dari fektifitas yang diinginkan.

5. Pertahankan kepala kita tetap dingin  dengan memberi  kompres dingin  .Kompres dingin  dapat dibuat dari kain flanel/sapu tangan   yang dapat dilipat dan dicelupkan ke dalam air dingin.

6. Bila kaki diangkat keluar dari air panas, maka segerakanlah menyiram kedua kaki dengan air dingin dan letakkan di atas handuk. Keringkan kedua kaki terutama di bagian sela-sela jari.
 
Hal-hal yang harus kita perhatikan :
1. Sewaktu menambahkan air panas , letakkan kaki kesisi ember dan tuangkan air panas perlahan-lahan  ke dalam ember.  Aduklah perlahan-lahan dengan tangan.

2. Bila tubuh kita berkeringat, keringkan dengan handuk.

3. Jangan menggunakan perendaman kaki dengan air panas ini  dalam kasus-kasus pengerasan arteri-arteri kaki, kecuali atas pengawasan dokter.
Indikikasi-indikasi   :
1. Mencegah atau mengurangi pilek.
2. Meredakan sakit kepala
3. Merangsang sirkulasi saat kaki terasa dingin
4. Meredakan kejang panggul
5. Membantu relaksasi.

Sumber bacaan/Referensi : Vibrant Health in the Twenty-First Century ( Sehat Prima di Abad Keduapuluh satu), Dr.Clemency Mitchell