Ingat, Tidak Ada UN Ulang

Sahabat sekalian, khususnya  yang akan mengikuti ujian nasional (UN) tahun ini, ingat lho... jangan  lengah,
waktu yang tersisa tinggal beberapa saat , tepatnya tidak sampai 2 bulan lagi. Saya yakin para sahabat sudah  mempersiapkan diri dengan baik karena tidak ada ujian ulangan. Jika tidak lulus maka harus mengulang setahun lagi atau menempuh pendidikan nonformal.

Kebijakan tersebut di satu sisi tampak memberatkan para sahabat karena hanya diberi sekali kesempatan untuk menentukan nasib. Namun, di lain sisi,  keputusan itu juga dinilainya cukup arif. 

Hal itu karena Pak Menteri Diknas  juga telah mengeluarkan kebijakan penentuan kelulusan ujian akhir tahun ini dengan melibatkan penilaian dari pihak sekolah. “Kalau sebelumnya hanya ditentukan oleh nilai ujian nasional (UN) tanpa melibatkan nilai ujian sekolah. Maka tahun ini nilai UN tidak lagi memveto nilai ujian sekolah. Artinya kedua nilai itu memiliki porsi masing-masing walaupun tidak sama. UN mendapat porsi lebih besar 60 persen. Sedangkan US hanya 40 persen,” 

Selain itu, standar nilai kelulusan UN juga tidak dinaikan yakni tetap 5,5. Hal ini cukup membantu para sahabat sehingga  persentase kelulusan UN tahun ini lebih baik.

Bagi yang belum siap betul, masih ada waktu sisa untuk melakukan persiapan. Ayo para sahabat., maju terus, kita songsong masa depan kita dengan belajar  diiringi  doa kepada Allah SWT. Semoga Sukses. Amin
( halismuliamar)